Sistem Budidaya Durian Menoreh Kuning By. Rob Ndruru - M-SEED - Spesial Pusat Perbenihan dan Budidaya Tiga Varietas Durian Menoreh Unggulan Nasional
Berita M-SEED :

M-SEED JOGJA VIEWS

Home » » Sistem Budidaya Durian Menoreh Kuning By. Rob Ndruru

Sistem Budidaya Durian Menoreh Kuning By. Rob Ndruru

Written By Unknown on Friday, October 12, 2012 | Friday, October 12, 2012



Kamis PON 11 Oktober 2012
Durian Menoreh Kuning, Varietas Terunggul

Rob N menunjukkan varietas durian menoreh Kuning yang berlabel.
SLEMAN (KR) - Durian merupakan buah yang memiliki cita rasa unik dibanding buah yang lain. Rasanya manis dengan aroma yang khas, namun untuk mendapatkan buah dengan sebutan populer 'raja dari segala buah' itu harus dibeli dengan harga yang mahal. Akan tetapi tidak semua durian rasanya manis dan enak, semua tergantung dari varietas durian tersebut.
Salah satu varietas durian lokal terunggul adalah durian menoreh kuning. Durian itu berasal dari Kecamatan Kalibawang Kabupaten Kulonprogo yang sudah mendapatkan Surat Keputusan Menteri Pertanian No 316&317/kpts/SR120/5/2007. Perintisnya Sugito dari 'Kelompok Tani Mamrih Subur Kalibawang' pada 2007. Sedangkan 2009 usaha pembibitan durian menoreh kuning dengan nama M-Seed diteruskan oleh anaknya bernama Robaeli Ndruru. M-seed juga menjadi satu-satunya pembudidaya durian menoreh kuning di DIY bahkan Indonesia, dengan pemasaran yang legal.    
Sebelumnya, 2007-2009 permintaan pasar sangat tinggi, tetapi benih durian sangat terbatas. Sehingga mulai 2009 itu, Robaeli berusaha meningkatkan produksi benih durian menoreh kuning untuk melayani tingginya permintaan tersebut. "Hingga saat ini benih durian menoreh kuning sudah terjual puluhan ribu ke seluruh Indonesia. Karena durian jenis ini memiliki banyak keunggulan, antara lain varietas yang tahan terhadap hama penyakit lalat buah, jugapertumbuhannya bisa cepat dengan percabangan yang rapat dan kokoh, buahnya berwarna menarik dan berukuran besar, rasa dan aroma yang khas, dagingnya tebal dengan warna kuning mentega, mudah pemeliharaannya, serta benihnya berlabel/bersertifikat karena dibawah pengawasan dan sertifikasi BPSB Provinsi DIY," papar Robaeli saat ditemui KR di rumahnya yang dijadikan tempat pemasaran di Jalan Kaliurang Km 19 Purwodadi, Hargobinangun, Pakem Sleman, Senin (8/10).
Menurut Robaeli tidak lepas dari pemeliharaan mulai dari benih hingga menjadi pohon yang siap dipanen. Tidak sembarangan ketika menanam sampai pemeliharaannya. Ada banyak tahapan tentang budidaya durian menoreh kuning yang ideal dan benar. Yang pertama, sebelum menanam harus memilih dan menyiapkan lahannya. Untuk menentukan lahan yang cocok adalah dengan ketinggian kurang lebih 100-750 meter diatas pemukaan laut, PH 5-7 dan ketebalan tanah 6 meter. Selanjutnya pemetaan lahan jaraknya 10X10 meter dengan besarnya lubang 1X1X1 meter. Manfaatnya dengan jarak 10 meter itu adalah cabang pohon durian menoreh kuning bisa sampai 5 meter.
Proses membuat lubang adalah memisahkan separuh lapisan tanah, bagian atas ditaruh sebelah kanan dan bagian bawah ditaruh di sebelah kiri. Kemudian biarkanlah selama 3 bulan selama musim kemarau (sifatnya kondisional) yang bertujuan untuk mengkondisikan/menstabilkan ph tanah dan menambah unsur nitrogen. Sedangkan penutupan lubang kurang lebih 15 hari sebelum penanaman benihnya. Dengan cara lapisan tanah bagian atas dikembalikan paling pertama menyusul palisan bawah ditaruh paling atas. Posisi tanah juga harus dibuat cembung yang berfungsi agar pangkal tanaman durian tidak tergenang air hujan. yang mengakibatkan tanaman jadi kerdil hingga mati.
Untuk penanamannya, setelah polibag dilepas lalu ditanam tepat pada leher akar dan tidak lupa diberi pupuk kandang 3-5 genggam. Kemudian diberikan mulsa (rumput kering) disekitar batang bawah tanaman, tujuannya untuk menjaga kelembapan dan menghindari percikan tanah saat hujan agar tidak mengenai batang dan daun. Percikan itu bisa mengakibatkan gangguan pada pertumbuhan tanaman.

Sedangkan untuk pemeliharaannya dengan penggemburan tanah dengan membersihkan rumput-rumput yang tumbuh disekitar benih. Penyiraman dilakukan dua hari sekali pada pagi atau sore dengan air secukupnya. Pemupukan menjelang tunas muda dipupuk setahun bisa sampai 3 kali dengan pupuk organik atau pupuk kandang. Pada musim kemarau itu, bagian atas pohon durian menoreh kuning diberikan mulsa hingga umur 6 bulan setelah penanaman yang bertujuan untuk mengurangi sinar matahari langsung mengenai tanaman.
Dikatakan Robaeli, pemangkasan pada pucuk tanaman bertujuan untuk menghambat pertumbuhan keatas, nantinya tinggi pohon durian tidak lebih dari 6 meter. Hal itu juga bisa memaksimalkan pertumbuhan percabangannya. "Pemangkasan pertama bisa dimulai dari ketinggian 0,5-1 meter, pemangkasan kedua pada tambahan ketinggian 0,5 atau 1 meter, dan pemangkasan dilanjutkan hingga kurang lebih tinggi pohon 4 atau 5 meter," terang bapak yang dikaruniai dua anak.

Untuk menciptakan hasil produksi yang berkualitas dan berkelas tinggi, harus dilakukan perawatan pada pohonnya, yaitu dengan penyemprotan obat pestisida atau fungisida. Itu dapat menanggulangi dari serangan jamur atau serangga. Sedangkan penyiraman menjelang berbuah sebaiknya disiram seminggu sekali dengan kapasitas air 200 liter per pohon. Kapasitas penyiraman air akan semakin berkurang sesuai perkembangan buah durian menoreh kuning dengan pemupukan secukupnya agar buah tetap tebal dan manis.

Buah durian yang sudah berumur 15 hari relatif riskan terhadap serangan hama buah, namun untuk mengantisipasinya dengan cara dibungkus karung atau plastik atau juga dengan penyemprotan obat hama. Tetapi patut diperhatikan bahwa buah durian menoreh kuning bisa tahan dengan serangan lalat buah. Menjelang buah matang juga sebaiknya buah diikat dengan tali rafia, sehingga buah yang sudah matang masih bergelantungan dipohonnya.

Menurut Robaeli kelahiran  Nias 33 tahun silam, benih ini berasal dari induk pohon durian yang sudah berumur ratusan tahun yang ada di lereng Menoreh Kulonprogo. Untuk pembuatan benih durian menoreh kuning dengan cara biji diambil dari induknya dan jika biji itu sudah jadi atau tingginya sekitar 40 cm lalu disambung dengan induk durian menoreh kuning yang sudah bersertifikat. Sertifikat itu didapatkan Robaeli dari Dinas Pertanian Kabupaten Sleman, yang memberikan Surat Keterangan Pendaftaran Pengedar Benih Bina (SKPB) nomor : 124/BPSBPDIY/PNY/SLM/IV/2011. Sehingga benih-benih dari Robaeli tersebut semuanya legal dan sudah terjamin kualitasnya, karena dari dinas selalu memonitoring durian menoreh kuning yang dibudidayakan oleh Robaeli. Umur tanaman durian dari tanam sampai berbuah berkisar antara 4 sampai 7 tahun, namun rata-rata umurnya 6 tahun bisa berbuah. "Ada satu lagi keunggulan dari benih saya, benih ini kami buat berkaki 3. Caranya dengan melakukan okulasi atau penambahan 2 kaki pada batang. Keunggulannya, pertumbuhannya lebih cepat, kaki menjadi kokoh, produksinya juga lebih banyak dan daya tahan hidup lebih kuat," ujarnya. 

Saat ini durian menoreh kuning masih dibudidayakan Robaeli di daerah Kalibawang dengan 4 orang karyawan, sedangkan untuk pemasarannya di Jalan Kaliurang Dusun Purwodadi Desa Hargobinangun Kecamatan Pakem Sleman atau ditempat dia tinggal bersama Idawati istrinya dan dua anaknya. Benih itu juga sudah sampai ke seluruh Indonesia seperti Sumatra, Kalimantan, Sulawesi bahkan ke Papua. Akan tetapi karena terkendala modal untuk biaya pembuatan, perawatan dan operasional, Robaeli hanya membuat sesuai pesanan. M-Seed juga bekerjasama dengan Dinas Pertanian DIY dan Kulonprogo, serta Direktorat Perbenihan Jakarta.

"Rencana kedepan, buah durian menoreh kuning hasil produksi M-Seed bisa diekspor ke luar negeri, juga saya ingin membuka pemasaran ditiap-tiap kota besar di Indonesia. Selain itu saya ingin mendirikan asosiasi buah durian menoreh, agar dapat membantu para petani dalam hal perawatan benih, pohon, buah hingga pemasarannya dengan harga yang patut dan pantas sebagai penyandang 'Raja dari segala buah' itu," pungkasnya. (Aditya Kurniawan)
Kedaulatan Rakyat Halaman, 13


Butuh Benihnya?

Pesan bibit/Benih Buah Unggul:

M-SEED - HORTI

Spesifikasi “Durian Menoreh” Berkualitas dan Unggul

SKPBH No. 001/Pe / Perseorangan/DIY/ 01.2013

Sertifikat Kompetensi Pengedar Benih Hortikultura (SKPBH)

Jln. Kaliurang KM 19 Pakem DIY
Hp: 081313888479/ 087843190808
Tlp: 0274 7004879
http://www.durianmenoreh.com/
e-mail: durianmenoreh@ymail.com

Share this article :

Logo M-SEED HORTI UNGGUL

Logo M-SEED HORTI UNGGUL
SERTIFIKAT KOMPETENSI: SKPDH No. 001/Pe/Perseorangan/DIY/01.2013

CEO M-SEED dengan Dirjend. Horti RI

CEO M-SEED dengan Dirjend. Horti RI
Pekan Floria dan Flori Nasional 2013 DIY

Ingat Jogja ingat Benih, Ingat Benih ingat Jogja

Ingat Jogja ingat Benih, Ingat Benih ingat Jogja
Sri Sultan HB X dan Pak Robin: CEO Durian Menoreh Terunggul M-seed Pameran BI tema: Bela dan Beli Produk dalam Negeri

Durian Menoreh Kuning; Umur 160an tahun

Durian Menoreh Kuning; Umur 160an tahun
Produksi Sangat Tinggil Digemari maniak Durian dalam dan Luar Negeri

Pohon Induk Durian Menoreh Legit/Promasan Umur 10 tahun Milik M-SEED

Pohon Induk Durian Menoreh Legit/Promasan Umur 10 tahun Milik M-SEED
Berbuah banyak dan Lebat; Rasa Buah Manis Alkoholik, daging Tebal

Buat para Kolektor, Maniak, penghobi; Durian Menoreh Kuning kaki Enam; Dilelang Rp. 13,5 Juta

Buat para Kolektor, Maniak, penghobi; Durian Menoreh Kuning kaki Enam; Dilelang  Rp. 13,5 Juta
Umur 3,5 tahun Lajer (Cabang empat arah) Pilihan terbaik dari 10.000 benih Durian Menoreh Kuning

Lajer Durian Menoreh Menoreh Kuning Kaki Tiga

Lajer Durian Menoreh Menoreh Kuning Kaki Tiga
Benih Super hanya terdapat satu Puhon dari 5.000 benih ... ! Umur 2,5 tahun dilelang Rp. 5 Juta -Lajer Cabang 4 penjuru

Informasi Ukuran dan Harga


PUSAT INFORMASI PEMASARAN dan KONSULTASI
BENIH DURIAN ‘TIGA VARIETAS DURIAN MENOREH JOGJA’


M-SEED "ROBIN" ( PELESTARI, Penangkar, Pembudidaya, Penyedia, Penjual, Pekebun Durian Menoreh Kuning, Jambon, dan Legit )

Jln. Kaliurang: Dusun Banjarsari RT 01, Ped. Purwodadi, Pakembinangun, Kec Pakem, Daerah Istimewa Yogyakarta.
Telepon M-SEED
Robin : 081215607921 atau 087843190808
e-Mail: durianmenoreh@ymail.com
WEB : http://durianmenoreh.com/

BERBAGAI KEUNGGULAN DURIAN MENOREH KUNING :
1. Ukuran BUAH BESAR 3,5 KG-5 KG
2. Rasa Buah MANIS LEGIT PAHIT
3. DAGING Buah TEBAL dan BERBIJI KEMPES
4. WARNA daging buah MERNARIK yaitu KUNING Mentega dan ORANGE
5. Buah TAHAN 5-7 HARI SETELAH MATANG POHON, cocok untuk perjalanan jauh
6. Pohonnya CEPAT BERBUAH cocok untuk tujuan KOMERSIL
7. Pohonnya KOKOH Varietas terunggul dari Ribuan Varietas sebagai yang terbaik.
8. Lebih TAHAN terhadap cuaca KERING.
9. Lebih TAHAN terhadap HAMA dan PENYAKIT, termasuk lalat buah.
10. Pohonnya sebagai PENAHAN LONGSOR dan banjir (akarnya banyak sehingga kokoh)
11. Pohon Durian Menoreh Kuning produktifitas buah sangat tinggi.
12. BERNILAI SENI daun keemasan percabangan teratur.

GAMBARAN HARGA BIBIT/BENIH DURIAN MENOREH KUNING
BENIH : Harga per Oktober 2014
60cm - 75ribu (4 tahun lagi berbuah)
75cm - 150ribu
100cm - 250ribu (3 tahun lagi berbuah )
125cm - 300ribu
150cm - 450ribu
200cm - 600ribu
Kaki Tiga – 750ribu - 15juta.
Pembelian partai besar dan atau reseller dan atau ukuran lebih besar dari diatas silahkan langsung via telepon: Pak Robin: 081215607921



CARA PEMESANAN BENIH DURIAN MENOREH
5 LANGKAH MUDAH MEMESAN BENIH DURIAN MENOREH KUNING :
1. ketik UKURAN BENIH, JUMLAH, ALAMAT PENGIRIMAN, NO HP, NAMA ANDA
2. SMS ke 081313888479
3. kami akan menjawab harga benih + biaya packing & kargo dan nomor BCA atas nama Robaeli Ndruru.
4. anda transfer sesuai SMS dan mengirimkan bukti transfer bisa via e-mail: durianmenoreh@ymail.com atau BBM 751535A9
5. kami segera mengirimkan benih ke alamat anda.
http://www.durianmenoreh.com/


Note:
1. Bagi Bapak/Ibu yang sudah kenal maupun yang akan kenal: bila memiliki cita-cita/keinginan, impian untuk memiliki kebun yang produktif dalam skala kecil-kecilan hingga skala besar ...
M-SEED Bersedia menjadi konsultan untuk membangun agro wisata perkebunan horti sebagai teman, tenaga ahli, atau partner, dll. "pelayanan yang berkualitas berdasar profesionalitas dan kejujuran" adalah motto kami.
2. Tersedia berbagai tanaman Buah Unggul lainnya seperti; Alpukat, buah teen/ara Yordsan, Delima, Klengkeng, Jambu Dalhari, Jambu Sukun Merah, Jambu Kristal, mangga, nangka, Rambutan, sirsat, srikaya, dll.
 
M-SEED JOGJA : M-SEED JOGJA Pusat Resmi Tanaman Buah Unggul. Kepada Yth, Penghobi, pencinta, penggemar tanaman buah unggul berkualitas orientasi hasil; Tawaran spesial dari M-SEED JOGJA: produk istimewa jumlah terbatas: Call/ Telpon:0274 898641 0813 1388 8479/ 0878 4319 0808

Copyright © 2009. M-SEED JOGJA - All Rights Reserved
Author by DURIAN MENOREH Published by M-Seed JOGJA